RUIM PADA SISTEM SELULAR CDMA2000-1X

Posting by Ayu Sarwendah / 085514085 / S1 ELKOM A 2008

RUIM PADA SISTEM SELULAR CDMA2000-1X
Oleh:
Miwan K. Hidayat, ST
( Ka. BTI BSI )

Dunia komunikasi kita sudah tidak asing dengan istilah CDMA, yang mana istilah ini sering kita dengar sejak ada beberapa operator telepon selular meluncurkan produk layanan berbasis sistem CDMA. Beberapa produk tersebut diantaranya yaitu Telkom Flexi, Indosat Starone, Esia Bakrie Telecom dan Fren Mobile-8.

Sistem CDMA yang diaplikasikan saat ini di Indonesia adalah CDMA2000-1X yang merupakan perkembangan dari teknologi selular CDMA2000 sebelumnya. Pada sistem CDMA, keamanan informasi merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Ada dua jenis penomoran pada handphone yang bisa digunakan untuk sistem CDMA, yang pertama dengan sistem inject ESN dan yang kedua dengan sistem RUIM.

Dengan menggunakan sistem RUIM pelanggan bisa dengan leluasa mengganti handphone kapanpun karena menggunakan sistem kartu. Hal ini berbeda dengan sistem inject ESN yang harus mendaftarkan terlebih dahulu ESN handphone ke pihak operator penyedia layanan sebelum kita menggunakannya.

Masalah seperti penyadapan dan penggunaan akses secara tidak sah sangat diperhatikan. Untuk memberikan jaminan keamanan informasi dan fleksibilitas pada pelanggan, pihak operator memanfaatkan teknologi smart card yaitu berupa kartu RUIM (Removable User Identity Module) yang merupakan pengembangan dari teknologi kartu SIM (Subcribers Identity Module) pada sistem GSM.

RUIM digunakan sebagai identitas bagi user untuk melakukan fungsi otentikasi, otorisasi dan pelaporan, serta memberikan fleksibilitas bagi pelanggan. RUIM memiliki spesifikasi khusus yang terdiri dari struktur fisik, sistem elektrik dan pensinyalan dan struktur logika. 

RUIM merupakan mikrokomputer yang dapat mengolah informasi data dalam format biner. Didalamnya terdapat mikroprosesor, sistem memori dan sistem operasi dengan fungsi utamanya sebagai jalur untuk mengakses jaringan.
Teknologi kartu chip yang digunakan pada aplikasi seluler menurut standar ISO 7816 yang menentukan karakteristik fisik, sistem elektrik dan fungsi memori. Kartu RUIM berfungsi sebagai identitas bagi pelanggan. Terdapat dua jenis kartu chip yaitu :
*      Kartu plug-in 25x15 mm
*      Kartu ID-1 RUIM (ISO 7816)
Identitas pelanggan telah tercatat dalam kartu chip pada memori ROM, seperti terlihat pada gambar 1 dan 2. Memori pada kartu chip memiliki 2 fungsi dasar sebagai tempat :
*      Penyimpanan data.
*      Menjalankan algoritma pembuktian identitas pelanggan.
Informasi data tersebut disimpan dalam file data untuk aplikasi khusus. Suatu identifikasi file (ID) digunakan sebagai alamat atau pengenal bagi masing-masing file. File ID terdiri dari 2 byte dan dikodekan dalam notasi heksadesimal.


0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by ELKOM UNESA Themes | Bloggerized by ELKOM UNESA - Premium Blogger Themes | Dibangun untuk kepentingan bersama